by

4 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Bisa Merusak Kemampuan Telinga dalam Mendengar

Telinga berdenging bahkan juga kemampuan mendengar suara menghilang sementara hal ini bisa menjadi ciri-ciri gangguan pendengaran. Bukan hal yang dapat diremehkan karena jika seandainya dibiarkan secara terus-menerus maka dampaknya akan lebih fatal lagi, kemampuan dalam mendengarkan bisa jadi benar-benar menghilang. Kondisi semacam ini sebenarnya beresiko dialami oleh siapa saja, tidak hanya para lansia, melainkan juga anak muda.

Apalagi pada dasarnya banyak diantara anak muda yang sering kali melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk pada telinga mereka, namun tidak menyadari bahwa hal tersebut sebenarnya beresiko menyebabkan telinga bermasalah, bahkan bisa memicu tuli, berikut ini diantaranya kebiasaan yang dapat merusak telinga yang sering kali tidak disadari, diantaranya adalah:

  1. Mengorek telinga, baik itu dengan menggunakan jari maupun canton bud, beberapa orang beranggapan bahwa cotton bud ini efektif dalam membersihkan telinga, padahal pemakaiannya hanya membuat kotoran telinga semakin masuk kedalam dan juga merusak kemampuan telinga dalam mendengarkan suara, jika memang ingin membersihkan telinga maka hendaknya hanya dilakukan di ahlinya saja yaitu dokter spesialis THT.
  2. Mendengarkan musik dengan volume tinggi atau suara yang begitu keras, pada dasarnya telinga memiliki batas optimal dalam menerima suara, sehingga jika volume yang digunakan terlalu keras, apalagi saat memakai headphone atau earphone, maka hal ini hanya akan merusak gendang telinga saja.
  3. Terbiasa bekerja di lingkungan yang berisik tanpa menggunakan pelindung telinga, misalnya adalah mereka yang bekerja di area konstruksi, kemudian juga pilot dan sejenisnya. Area yang sangat bising ini juga akan merusak pendengaran.
  4. Terbiasa datang ke klub malam atau menonton konser, dimana memang kegiatan menyenangkan semacam ini jika dilakukan secara terus-menerus dampaknya begitu berbahaya untuk kesehatan telinga, karena kemampuan dalam mendengarkan akan berkurang, mengingat volume musik yang terbiasa didengar begitu keras.

Jadi mulai sekarang hindari kegiatan-kegiatan yang tidak sehat untuk telinga tersebut, jika ingin kemampuan mendengar tetap optimal. Karena jika sudah terjadi masalah maka harus melakukan terapi gangguan pendengaran seperti dengan memakai alat bantu dengar, cek produknya di Pusat Alat bantu Dengar Melawai.

News Feed