by

5 Langkah Mudah Dalam Cek Harga Tiket Pesawat Secara Online

Dewasa ini, memang banyak kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat. Salah satunya yaitu dengan cara online. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memesan tiket secara online, sehingga tak heran jika saat ini banyak orang yang menggunakan cara ini.

Nah, setelah Anda memesan tiket pesawat secara online, Anda bisa mengecek tiket tersebut apakah sudah sesuai dengan data penumpang yang telah di isi. Caranya cukup mudah, dengan memanfaatkan kode booking di tiket yang sebelumnya sudah Anda pesan. Cek kode tersebut melalui website resmi maskapai yang Anda pilih.

Bahkan dengan adanya kode booking ini, meskipun tiket hilang, Anda bisa mendapatkan tiket kembali. Caranya cukup mudah, Anda bisa memasukkan kode booking ke website resmi maskapai. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara cek harga tiket pesawat untuk setiap maskapai, simak ulasannya berikut.

Cara Cek Tiket Pesawat Setiap Maskapai

Mungkin sebagian banyak orang masih penasaran dengan tiket pesawat yang sudah dipesan. Penasaran ini disebabkan karena keraguan apakah tiket tersebut datanya sudah sesuai apa belum. Nah, sebelum Anda mencetak tiket, sebaiknya cek harga tiket pesawat dan datanya terlebih dahulu. Bagi Anda yang tidak pernah melakukannya, berikut ini caranya:

  1. Garuda Indonesia

Untuk cek harga dan data diri tiket pesawat secara online di maskapai Garuda Indonesia, Anda bisa kunjungi situs resmi Garuda Indonesia di https://www.garuda-indonesia.com. di situs ini, ada menu ‘perjalanan saya’ yang terdapat di sisi kanan halaman. Nah, untuk memasukkan kode booking yang terdapat pada tiket yang sudah Anda miliki, klik “Manage My Booking”. Selain itu, tambahkan nama depan atau nama belakang Anda. Setelah itu, klik “Cek”.

Beralih ke halaman selanjutnya yang menampilkan data penumpang sekaligus Anda bisa memilih mencetak tiket tersebut atau mengirimnya melalui email. Jika terjadi masalah, Anda bisa hubungi  Call Center Garuda di 08041807807 / 021-2351 9999.

  1. Lion Group

Cara cek harga dan kode booking di maskapai Lion Grup, masuk pada Retrieve Booking kemudian masukkan kode booking. Jangan lupa masukkan nama depan, nama belakang, nomor penerbangan serta tanggal penerbangan. Jika sudah, klik “Lanjut” dan secara otomatis akan muncul data penumpang. Di halaman ini juga tersedia pilihan cetak atau kirim kembali tiket ke alamat email Anda. Jika Anda mengalami masalah, bisa hubungi Call Center Lion Air di 021-63798000.

  1. NAM Air

Pertama, pilihlah menu “Lihat Booking Saya” yang terdapat di sebelah kiri atas. Setelah itu, masukkan kode pemesanan di kolom yang tersedia dan klik “Cari Pemesanan Saya”. Di halaman baru, muncul data lengkap penumpang  serta pilihan cetak atau kirim tiket ke email. Jika Anda merasa kesulitan atau merasa ada masalah, hubungi Call Center Sriwijaya Air di 021-29279777 / 08041777777.

  1. Citilink

Untuk cek harga tiket pesawat secara online dengan maskapai Citilink, buka situs maskapai ni. Setelah itu, masukkan nomor konfirmasi atau kode booking serta nama belakang penumpang. Langsung klik “Find Booking”. Secara otomatis, akan beralih ke halaman berikutnya yang menampilkan data penumpang. Terdapat juga pilihan mencetak atau mengirim tiket ke email Anda. Hubungi Call Center Citilink di 08141080808 jika ada masalah dan ada yang perlu ditanyakan.

  1. AirAsia

Buka menu “Web Check-in” dan pilih “cetak ulang boarding pass”. Secara otomatis, akan beralih ke halaman selanjutnya yang berisi beberapa kolom seperti kota keberangkatan, nomor pembelian atau kode booking dan isi keluarga atau marga. Setelah itu, klik “Buka” untuk beralih ke halaman selanjutnya yang menampilkan data penumpang yang akan terbang serta pilihan kirim kembali tiket ke email atau cetak. Hubungi Call Center AirAsia di 021-2927 0999/08041333 333 jika ada yang ditanyakan.

Cara Lain Beli Tiket Pesawat Online

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli tiket pesawat. Namun, cara yang kini paling banyak digunakan yaitu memesan tiket pesawat secara online. Selain menguntungkan, memesan tiket pesawat secara online juga sangat mudah. Nah, bagi Anda yang tidak terbiasa memesan tiket pesawat secara online, simak caranya berikut ini:

  1. Cari Rute Penerbangan

Langkah pertama membeli tiket pesawat secara online yaitu mencari rute penerbangan yang akan ditempuh. Jika Anda memesannya melalui aplikasi, pastinya ada beberapa pilihan rute dengan tipe perjalanan.

Tak perlu khawatir jika Anda salah memilih rute perjalanan, karena Anda masih bisa mengubahnya kembali. Caranya, klik gambar 2 panah dan klik bagian “Cari Penerbangan”.

  1. Pilih Jenis Maskapai

Jika rute perjalanan sudah Anda pilih dengan benar, langkah yang selanjutnya yaitu pilih jenis maskapai sesuai dengan keinginan. Tak lupa juga pilih harga tiket sesuai dengan fasilitas yang Anda butuhkan. Di halaman ini, tersedia berbagai maskapai dengan masing-masing harga tiket, sehingga Anda bisa memilihnya dengan mudah.

  1. Isi Data Diri Secara Lengkap

Di halaman selanjutnya, muncul tampilan kolom data diri. Anda harus mengisi identitas dengan benar, tanpa ada kesalahan. Nah, agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi identitas, sebaiknya sesuaikan dengan kartu identitas yang Anda miliki seperti KTP dan SIM

Perlu Anda ketahui, pemilik tiket pesawatlah yang bisa menggunkannya. Jika nama identitas yang terdapat di tiket pesawat berbeda dengan kartu identitas, maka tiket tersebut di anggap hangus. Maka dari itu, isi identitas dengan benar dan jangan terburu-buru.

  1. Pilih Metode Pembayaran

Jika Anda merasa data diri yang Anda isi sudah benar dan tiket sudah berhasil di pesan. Langkah selanjutnya yaitu pilih metode pembayaran tiket sesuai dengan keinginan. Biasanya, maskapai penerbangan menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan penumpang seperti transfer ATM dan kartu kredit, bahkan masih banyak metode lain yang bisa digunakan.

Semua metode pembayaran yang digunakan ini, tentunya sudah terjamin aman. Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah, Anda bisa memasukkan kode promo, gift voucher, dan potongan lainnya. biasanya, layanan yang sering mengeluarkan promo adalah kartu kredit.

  1. Pastikan Jumlah Pembayaran

Jika data diri sudah terisi dan metode pembayaran sudah dipilih, selanjutnya akan beralih ke halaman selanjutnya yang menampilkan rincian pembayaran yang harus Anda bayarkan. Untuk membayar, Anda bisa menggunakan metode pembayaran yang sudah Anda pilih. Lebih mudah lagi jika Anda memiliki aplikasi transfer di handphone, sehingga Anda bisa transfer kapan saja. Perlu Anda ketahui, biasanya batas maksimal pembayaran yaitu 3 jam setelah memesan tiket.

  1. Selesaikan Pemesanan Tiket

Jika semua hal di atas sudah Anda lakukan, setelah itu klik “Selesaikan Pemesanan” dan pemesanan tiket pesawat secara online telah selesai. Bagaimana, sangat mudah kan?

Itulah langkah cek harga tiket pesawat secara online serta cara mudah membeli tiket pesawat secara online. Nah, kini Anda tak perlu merasa kesulitan memesan tiket pesawat secara online, selain caranya mudah, juga bisa dilakukan dengan cepat. Semoga bermanfaat.

News Feed