by

Beginilah Cara Perawatan Luka Pasca Operasi Diabetes di Rumah yang Benar

Bagi pasien pasca melakukan operasi, melakukan perawatan luka pasca operasi diabetes sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi infeksi dan komplikasi pada operasi. Selain itu, melakukan perawatan yang benar pada luka pasca operasi diabetes juga diperlukan untuk memaksimalkan hasil operasi. Adapun perawatan yang dimaksud disini termasuk mengganti perban, menjaga agar luka pasca operasi diabetes tetap kering, serta mencegah untuk melakukan aktivitas tertentu yang bisa membuat jahitan operasi menjadi robek atau rusak. Untuk perawatan luka pasca operasi diabetes saat di rumah sakit tentu bisa dibantu oleh perawat. Namun jika pasien sudah dibawa pulang ke rumah, maka pihak keluarga bisa ikut membantu perawatannya. Sehingga penting bagi pihak keluarga pasien untuk mengetahui cara perawatan luka pasca operasi diabetes di rumah yang baik dan benar.

Hasil operasi tidak sepenuhnya ditentukan dari keberhasilan tindakan operasi saja. Namun perawatan luka pasca operasi juga sangat mempengaruhi. Sehingga penting sekali untuk melakukan perawatan luka pasca operasi diabetes dengan baik dan benar. Karena jika sampai luka pasca operasi diabetes mengalami infeksi, maka bisa dipastikan luka akan semakin lama sembuhnya. Agar hal tersebut tidak terjadi, dan kesembuhan luka pasca operasi diabetes bisa segera didapatkan, maka berikut ini ada beberapa cara perawatan yang perlu diketahui dan dilakukan, yaitu:

  • Mengendalikan gula darah

Hal yang pertama dan sangat penting adalah dengan cara mengendalikan gula darah, kenapa harus gula darah yang utama? Karena jika kadar gula darah meningkat maka luka pasca operasi pun tidak dapat sembuh dan mengering. Hal ini terjadi akibat rangsangan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan. Karena penyempitan itulah suplay oksigen menuju luka pun berkurang. Mengendalikan gula darah dapat dilakukan dengan cara mengontrol asupan makanan, menyuntikan insulin sebelum makan secara rutin, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

  • Pastikan agar luka pasca operasi diabetes tidak terkena air

Salah satu perawatan luka pasca operasi diabetes yang harus dilakukan adalah menjaga luka agar jangan sampai terkena air. Terutama pada 24 jam pertama pasca operasi, harus dipastikan benar-benar tidak boleh terkena air. Sehingga sebaiknya pasien tidak mandi pada hari pertama pasca operasi. Jika ingin membersihkan tubuh, maka bisa menyeka dengan kain pada area tubuh yang tidak mengalami luka pasca operasi diabetes. Untuk jenis operasi tertentu, kemungkinan baru diperbolehkan untuk mandi setelah memasuki hari kedua.

  • Selalu bersihkan luka pasca operasi diabetes

Pada area di sekitar luka, usahakan untuk selalu membersihkannya agar terhindar dari resiko terjadinya infeksi. Pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih dengan mencucinya terlebih dahulu, sebelum area di sekitar luka pasca operasi diabetes. Dan tentunya pastikan agar luka jangan sampai terkena air agar luka bisa lekas mongering.

  • Ganti perban secara rutin

Perban digunakan untuk melindungi luka pasca operasi diabetes dari cedera luar dan memberikan kesempatan luka agar segera sembuh. Namun sebaiknya ganti perban secara rutin, terutama jika sering terkena air. Jika Anda atau pihak keluarga tidak mampu untuk melakukan penggantian perban karena khawatir akan membahayakan luka pasca operasi diabetes yang ditutup tersebut, maka sebaiknya meminta bantuan dari pelayanan kesehatan terdekat.

  • Perhatikan kondisi luka

Perhatikan bagaimana perawat maupun dokter ketika luka pasca operasi diabetes merawat Anda. Sehingga ketika sudah pulang dan melakukan perawatan luka di rumah, Anda bisa mengetahui kondisi luka dan ciri-ciri apakah keadaannya memang sedang baik ataukah tidak.

  • Kurangi aktivitas yang bisa membuat luka pasca operasi diabetes menjadi terbuka

Akan ada kemungkinan jahitan pada luka pasca operasi diabetes terbuka kembali jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini terutama jika Anda melakukan aktivitas gerak tertentu yang membuat resiko jahitan terbuka. Maka dari itu, selama masa pemulihan luka pasca operasi sebaiknya kurangi aktivitas gerak secara berlebihan, seperti mengangkat beban berat, menghindari paparan sinar matahari, menghindari sumber bakteri, dll.

Itu tadi beberapa cara perawatan luka pasca operasi diabetes di rumah yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Dengan melakukan berbagai cara tersebut, diharapkan luka pasca operasi diabetes bisa segera sembuh dan terhindari dari berbagai resiko, seperti infeksi atau bahkan komplikasi yang lebih serius. Jika Anda tidak berani melakukan jenis perawatan tertentu, seperti mengganti perban pada luka, maka sebaiknya minta bantuan dari tenaga kesehatan yang professional. Sehingga luka pasca operasi diabetes memang terawat dengan baik dan tepat.

News Feed