Cara Mencari Siaran TV Digital Paling Lengkap, Begini Caranya!

Teknologi10 views

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mencari siaran TV digital. Pasalnya, untuk saat ini penggunaan TV analog sudah tidak lagi berjalan, sehingga mau tidak mau masyarakat harus bermigrasi dari TV analog menjadi TV digital.

Ada banyak permasalahan yang kemudian dikeluhkan masyarakat. Mulai dari pembelian set top box sebagai alat untuk menangkap sinyal digital, cara menggunakan set top box hingga bagaimana mencari sinyal untuk siaran TV digital. Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak informasi berikut ini dari Zona Jateng.

Cara Mencari Siaran TV Digital secara Umum

Seperti yang diketahui, belakangan ini masyarakat sudah tidak bisa menikmati siaran dari TV analog karena adanya program migrasi ke siaran digital yang dicanangkan oleh pemerintah. Bagi Anda yang menggunakan TV analog maka harus membeli set top box sebagai alat untuk menangkap sinyal digital.

Hal ini tentu sangat berbeda jika TV yang digunakan sudah merupakan TV digital karena didalamnya dilengkapi perangkat yang memungkinkan untuk mengakses siaran digital. Sementara bagi pengguna TV analog perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

1. Tekan Menu yang Tersedia di Remote TV

Pertama silakan tekan Menu yang tersedia di Remote Control kemudian geser ke bagian Saluran dengan menggunakan tombol arah yang ditunjukkan dengan tanda panah sesuai arahnya. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter untuk beralih pada menu Saluran.

2. Pilihlah Opsi Pemindaian Saluran

Dengan menggunakan tombol arah, geser ke opsi Pemindaian Saluran yang tersedia di menu Saluran tersebut. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter untuk memilih opsi Pemindaian Saluran. Selanjutnya akan diarahkan ke menu aktivitas pemindaian saluran digital.

3. Pilih Jenis Saluran

Jika sudah, gunakan kembali tombol arah menuju ke opsi Jenis Saluran yang tersedia pada menu. Anda bisa memilih salah satu dari tiga opsi yang ada, yaitu Analog, Digital dan Semua Saluran. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter.

4. Proses Pemindaian Saluran Digital

Jika Anda sudah memilih Saluran Digital maka secara otomatis TV Anda akan memulai proses pemindaian saluran digital. Silakan tunggu sampai proses pemindaian selesai dan Anda bisa keluar dari menu dan mulai mencari saluran digital yang bisa diterima TV Anda.

Cara Mencari Siaran TV Digital Set Top Box dengan Mudah

Perlu diperhatikan bahwa setiap produsen TV bisa saja menyediakan pilihan menu dengan kata-kata dan item yang berbeda. Oleh karena itu Anda perlu membaca petunjuk manual yang tersedia untuk mencari saluran TV digital. Adapun cara lainnya yang bisa dilakukan adalah seperti berikut:

  • Memasang perangkat set top box pada TV analog terlebih dahulu.
  • Nyalakan TV serta set top box dan lakukan pengaturan saluran TV menjadi saluran AV.
  • Silakan tekan pada tombol menu di remote STB kemudian masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilihlah menu Saluran kemudian lanjutkan dengan memilih opsi Pencarian Saluran DTV.
  • Kemudian pada menu DTV bisa memilih metode pencarian manual.
  • Jika sudah masukkan kode tower pemancar serta parameter nomor MUX yang bisa diketahui melalui aplikasi di Play Store.
  • Tunggu selama beberapa saat, nantinya akan muncul adanya indikator sinyal digital.
  • Atur dan putar antena sampai bisa mendapatkan sinyal yang paling kuat.
  • Untuk memindai saluran TV digital pilihlah menu Start dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Nantinya saluran digital tersebut akan tersimpan secara otomatis dan Anda bisa menyaksikan siaran TV digital dengan kualitas gambar yang jernih.