by

Dokter Spesialis Hiperbarik, Solusi Terapi Kesehatan Terbaik yang Jarang Diketahui

Ada berbagai pelayanan medis yang bersifat khusus dan hanya dapat dilakukan langsung oleh dokter spesialis yang telah teruji dalam bidang tersebut. Salah satunya dokter spesialis hiperbarik yang nantinya akan menangani langsung terapi oksigen hiperbarik atau metode khusus dalam memberikan jenis oksigen murni di sebuah ruangan yang memiliki tingkat tekanan udara tinggi untuk penyembuhan jenis penyakit tertentu. Nantinya, dengan metode yang satu ini dapat membuat tekanan udara naik tiga kali dari kondisi tekanan atmoster pada umumnya. Sehingga para pasien yang menjalani terapi tersebut dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak karena adanya peningkatan aliran udara dari oksigen yang terdapat di ruangan tersebut.

Ada berbagai jenis gangguan kesehatan yang biasanya akan menggunakan jenis terapi oksigen hiperbarik baik sebagai langkah pengobatan utama maupun penunjang seperti pada penderita cedera organ vital tertentu akibat radiasi lingkungan, infeksi jaringan saraf tubuh yang menyebabkan kematian ringan serta berbagai jenis penyembuhan luka yang dinilai lama pulih akibat kondisi sistem imunitas pasien tidak memungkinkan. Selain itu, pada beberapa kasus penyumbatan aliran darah didalam tubuh terkadang juga dilakukan prosedur terapi yang satu ini agar dapat lancar kembali seperti semula.

Jika Anda saat ini disarankan oleh dokter untuk melakukan terapi oksigen hiperbarik akibat sedang menderita gangguan kesehatan tertentu, maka berikut akan kita bahas beberapa prosedur yang akan Anda lalui saat menjalankan terapi tersebut, antara lain:

  • Langkah paling awal yang dilakukan sebelum prosedur terapi dilakukan adalah pasien harus menjalankan terapi di sebuah ruangan khusus yang telah disediakan oleh perawat. Umumnya ada dua jenis ruangan yang paling sering digunakan yaitu monoplace hiperbaric chamber atau multiple hyperbaric chamber.
  • Kemudian, nantinya Anda akan diminta menggunakan jenis pakaian khusus. Tidak perlu khawatir, karena jenis terapi yang satu ini tidak membutuhkan rawat inap.
  • Berikutnya setelah Anda siap dan memasuki ruangan terapi, perawat akan mengarahkan pada posisi nyaman agar prosedur terapi dapat berjalan baik. Umumnya duduk santai adalah jenis posisi yang paling banyak dipilih.
  • Setelah itu, perawat akan meninggalkan ruangan dan mengatur tekanan udara sesuai kebutuhan penyembuhan penyakit yang diderita pasien dan akan berlangsung selama kurang lebih 120 menit. Setelah selesai suhu akan diatur menjadi normal kembali.

Selama proses terapi berlangsung nantinya petugas maupun dokter spesialis akan memantau monitor secara bergantian untuk memastikan terapi tersebut berjalan lancar sesuai harapan. Selain itu, perubahan fisik yang akan dirasakan pasien umumnya seperti penekanan pada bagian gendang telinga akibat tekanan udara tersebut yang dapat Anda antisipasi dengan menguap atau menelan ludah lebih sering. Tindakan ini penting agar tekanan yang ditimbulkan tidak mempengaruhi kenyamanan selama Anda melakukan terapi. Umumnya para pasien yang telah selesai melakukan terapi juga akan merasa lapar dan lesu namun akan hilang setelah beberapa saat dan Anda diperbolehkan melakukan aktifitas normal kembali.

Terapi hiperbarik sejauh ini dikenal aman sehingga banyak dilakukan dalam praktek medis namun harus didampingi oleh dokter spesialis hiperbarik langsung. Akan tetapi, sama seperti jenis pengobatan lain yang memiliki efek samping, jenis terapi yang satu ini juga dapat menyebabkan berbagai resiko kronis seperti kejang jika sampai terjadi penumpukan oksigen dibagian saraf atau cedera yang terjadi di bagian organ paru-paru maupun telinga. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena sangat kecil kemungkinan semua resiko tersebut dapat terjadi.

News Feed