by

Ini Dia 5 Penyakit Kanker yang Lebih Sering Diidap Wanita

Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan mempunyai banyak sekali jenis yang bisa diidap oleh seseorang. Penyakit ini mempunyai banyak sebab seperti misalnya karena mempunyai faktor keturunan dimana anggota keluarga ada yang mempunyai penyakit kanker tersebut. Selain itu faktor selanjutnya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga untuk menghindari penyakit kanker bisa untuk mulai mempunyai gaya hidup yang sehat seperti kebiasaan dan juga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang bisa memicu resiko kanker lebih besar. Dan hal terakhir yang bisa menyebabkan penyakit kanker adalah karena faktor gender. Dimana ada beberapa penyakit kanker yang lebih sering dialami oleh wanita atau pria. Adapun misalnya jenis kanker yang lebih sering diidap oleh wanita dibandingkan pria adalah:

  • Kanker payudara

Jenis kanker payudara yang umumnya diderita oleh wanita dibandingkan pria adalah kanker payudara. Kanker ini merupakan penyakit kanker yang paling tinggi menyerang wanita. Dimana menurut data oleh IARC ada sekitar 49,9 persen kasus baru yang terjadi tahun 2014 silam. Sedangkan untuk angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara ini mencapai angka 21,4 persen. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang bisa muncul pada wanita karena sel-sel kanker yang tumbuh pada jaringan payudara meliputi kelenjar susu dan saluran payudara. Untuk bisa menanggulangi penyakit ini sebaiknya lakukan deteksi dini payudara dengan SADARI atau periksa payudara sendiri yang bisa dilakukan dengan langkah yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

  • Kanker serviks

Jenis kanker selanjutnya yang paling sering diderita wanita adalah kanker serviks. Jenis kanker ini merupakan kanker yang mematikan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Berdasarkan data dari IARC, kanker serviks pada tahun 2014 terjadi sebanyak 20,9 persen. Dari data tersebut juga menyebabkan kematian untuk 10,3 persen pada kasus yang ada di Indonesia.

  • Kanker usus besar

Jenis kanker ketiga yang paling sering diderita oleh wanita dibandingkan pria adalah kanker usus besar. Kanker ini pada umumnya disebabkan oleh faktor genetik yang mana apabila keluarga mempunyai riwayat kesehatan yang mempunyai kanker usus besar, maka akan semakin besar untuk meningkatkan resiko terkena penyakit ini. Kanker ini juga disebabkan oleh faktor lain seperti kelebihan berat badan dan juga mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sehingga meningkatkan resiko terkena kanker usus besar.

  • Kanker ovarium

Jenis kanker selanjutnya yang paling sering diderita wanita adalah kanker ovarium. Kanker ini mempunyai beberapa tanda atau gejala yang bisa diketahui seperti dari perut kembung, tidak mempunyai nafsu makan, mengalami penurunan berat badan secara drastis, mengalami siklus haid yang berubah-ubah, dan juga sering merasa tidak hanya di bagian panggul. Jenis kanker ini lebih menyerang wanita yang berusia di atas 55 tahun tetapi juga bisa diderita oleh anak-anak hingga remaja. Sebaiknya apabila sudah merasakan gejala segera di periksakan sehingga dapat diobati dengan cepat. Karena kanker ovarium bisa sembuh total apabila segera dilakukan pengobatan yang tepat.

  • Kanker paru

Dan jenis kanker terakhir yang lebih sering diidap oleh wanita adalah kanker paru-paru. Kanker ini bisa terjadi karena kondisi sel-sel jaringan paru-paru tumbuh secara cepat sehingga membuat tumor terbentuk. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada paru-paru dan sebaiknya segera di periksakan. Hal tersebut akan membuat paru kurang optimal sesuai dengan fungsinya sehingga membuat kualitas hidup buruk.

News Feed