by

Ini Dia Daftar Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Tubuh

Tubuh manusia memerlukan vitamin yang cukup supaya bisa berfungsi dengan baik. Tetapi untuk mewujudkan itu dibutuhkannya asupan beragam vitamin yang berbeda supaya tubuh dapat melakukan banyak tugas yang berbeda juga. Dengan mengetahui daftar vitamin dan mineral yang paling dibutuhkan, sehingga nantinya kamu bisa memastikan untuk mencukupi kebutuhanmu sendiri supaya bisa mendapatkan banyak vitamin yang paling optimal untuk kesehatan tubuh. Singkat cerita, tubuh akan lebih rentan jatuh sakit saat kekurangan vitamin.

Berikut dibawah ini daftar vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya yaitu:

daftar vitamin dan mineral

  1. Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak yang banyak ditemukan pada daging, hati, produk olahan susu dan telur, buah buahan, dan juga sayuran hijau. Tetapi kamu juga bisa mencukupi asupan vitamin A harian dari suplemen multivitamin. Memang manfaat vitamin A sering kali dikaitkan dengan kesehatan mata, tetapi mikronutrisi yang terkandung didalam vitamin A juga berperan penting dalam mendukung sistem imun.

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A maka akan dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat dan kanker paru, menjaga kesehatan kulit, serta dapat memelihara pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan terpenuhinya kebutuhan Vitamin A dalam tubuh juga maka dapat membantu supaya bekerja dengan baiknya jantung, paru paru, ginjal, dan organ lainnya.

  1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks merupakan kelompok vitamin yang terdiri dari delapan jenis vitamin B1 seperti vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Pantothenic Acid), B6, B7 (Biotin), B9 (Folat), dan B12. Setiap mikronutrien dalam vitamin B kompleks pada dasarnya dapat membantu tubuh untuk merubah makanan menjadi energi.

Dengan mengkonsumsi multivitamin B Kompleks ini maka akan dapat membantu mengobati atau mencegah masalah kesehatan tertentu seperti terjadinya gangguan kecemasan, depresi, kelelahan, penyakit jantung, nyeri pramenstruasi, serta masalah kulit seperti jerawat. Selain itu juga suplemen vitamin ini banyak dimanfaatkan orang untuk meningkatkan energy, mendukung kesehatan otak, meningkatkan mood, menajamkan memori, mengurangi stress, merangsang sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut didalam air yang memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel sel dalam tulang, gigi, dan kulit. Vitamin C juga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi, karena vitamin C bermanfaat untuk memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga dapat membantu mengurangi risiko terserang dari sejumlah kanker seperti kanker mulut dan tenggorokan, kerongkongan, perut, dan kanker payudara.

Meski jarang terjadinya kasus serius dari kekurangan vitamin C, tetapi tetap saja ada banyak orang yang kemungkinannya kebutuhan vitamin C nya tidak terpenuh, karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin C secara mandiri. Sebagai contohnya orang orang yang merokok, dimana kegiatan merokok tersebut dapat menurunkan jumlah vitamin C didalam tubuh, sehingga mereka para perokok berada dalam peningkatan risiko untuk mengalami defisiensi vitamin C.

Oleh karena itu sangat penting untuk mendapatkan kecukupan asupan vitamin C ini yang bisa didapatkan dari beragam makanan sehat seperti jeruk, brokoli, jambu biji, dan papaya. Tetapi kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin C harian ini dari suplemen multivitamin. Manfaat vitamin C ini jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dalam bentuk suplemen dapat melindungi diri dari katarak.

  1. Vitamin D3

Vitamin D3 ini tidak seperti vitamin C, karena Vitamin D3 ini dibuat oleh tubuh secara alami saat sinar matahari mengenai kulit. Tetapi sayangnya banyak orang yang tidak bisa mendapatkan kecukupan nutrisi ini. Sedangkan tubuh menggunakan sinar matahari untuk membuat vitamin D, tetapi asupannya tidak akan bisa mencukupi saat tinggal di daerah yang dingin atau tidak memiliki waktu yang banyak untuk dibawah sinar matahari. Oleh karena itu sangat penting untuk bisa mendapatkan pasokan vitamin D dari makanan seperti salmon, makarel, kuning telur, susu, dan suplemen multivitamin.

Dengan tercukupinya asupan vitamin D dalam tubuh maka dapat membantu mempercepat proses penyerapan kalsium dan fospor untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat. Selain itu juga Vitamin D dapat mengobati dan mencegah gangguan tulang seperti rakitis, osteomalacia, dan osteoporosis. Selain itu juga dengan tercukupinya asupan vitamin D yang memadai dapat memberikan sejumlah efek perlindungan terhadap beberapa penyakit seperti kanker dan diabetes tipe 1. Suplemen multivitamin D juga dapat membantu mengurangi risiko patah tulang.

  1. Vitamin E

Vitamin E merupakan kunci dari kesehatan kulit dan mata. Untuk bisa mendapatkan kecukupan asupan vitamin E bisa dengan cara mengkonsumsi beragam makanan termasuk minyak nabati, kacang kacangan, sayuran hijau, dan juga produk makanan yang diperkaya vitamin E. Atau kamu juga bisa mencoba memenuhi kebutuhan vitamin E harian dengan mengkonsumsi multivitamin. Vitamin E didalam tubuh akan bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun sehingga dapat melawan bakteri dan virus. Selain itu juga vitamin E dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan menjaga pembekuan darah.

  1. Selenium

Selenium merupakan mineral yang penting untuk mempertajam fungsi kognitif, sistem kekebalan tubuh yang sehat, serta kesuburan bagi pria dan wanita. Kamu bisa menemukan selenium ini pada berbagai makanan seperti nasi, telur, kacang Brasil, makana laut, dan organ daging. Mineral ini akan terlibat didalam produksi prostaglandin dalam tubuh yang nantinya dapat mengurangi peradangan terkait dengan rematik.

Selenium didalam tubuh akan bekerja sama dengan vitamin E sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kanker kulit dan mencegah terbakarnya kulit oleh sinar matahari. Adanya sebuah studi dari Belanda yang juga mengaitkan asupan cukup selenium dengan rendahnya risiko kanker prostat.

  1. Yodium

Yodium merupakan mineral yang dibutuhkan didalam menu makanan harian kamu untuk memelihara fungsi tiroid dan metabolisme sel. Saat asupan yodium dalam tubuh rendah maka dapat menyebabkan gondok dan pada bagian leher terjadi pembengkakan yang tidak normal. Hipotiroidisme merupakan konsekuensi potensial lain dari asupan yodium rendah, menyebabkan kumpulan gejala termasuk kelelehan, peningkatan berat badan, intoleransi terhadap suhu dingin, serta sembelit.

Meski produk garam beryodium ini hadir sebagai cara yang paling efektif untuk mencukupi kebutuhan yodium harian, tetapi diperkirakan 2 miliar orang diseluruh dunia masih berisiko mengalami defisiensi yodium. Supaya bisa terhindar dari hal tersebut, kamu bisa mendapatkan asupan harian yodium dengan cara mengkonsumsi hidangan laut, keju, dan telur.

News Feed