by

Inilah Jenis Investasi untuk Pemula

Berbicara tentang jenis investasi untuk pemula, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan instrumen untuk mereka yang sudah pro. Tetapi, karena masih baru memulai, biasanya seorang pemula memilih jenis investasi yang risikonya rendah.

Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau seorang pemula, langsung ingin memilih jenis investasi yang berisiko tinggi. Walaupun pemula, kamu masih tetap bisa kok memilih instrumen apa saja, mulai dari reksadana, hingga properti.

Perlu kamu ingat kalau kunci utama dalam melakukan investasi supaya berhasil adalah jangan pernah menganggap sepele hal kecil sekalipun. Hal kecil dapat berdampak besar terhadap keuntungan investasi kamu, dan sebaliknya bisa membuat kerugian.

Pada artikel ini, kami akan membahas tidak hanya jenis investasi yang cocok untuk pemula, tapi juga membantu kamu bagaimana cara memilih investasi bagi pemula yang menghasilkan keuntungan.

Jenis-jenis Investasi untuk Pemula

Pertama, mari ketahui dahulu rekomendasi instrumen investasi dari KoinWorks yang menurut kami bisa dilakuan oleh pemula sekalipun.

Investasi Reksadana

Reksadana adalah investasi yang cocok dijadikan alternatif untuk pemula, terlebih jika kamu tak memiliki banyak waktu serta keahlian untuk menghitung risiko atas investasi yang dijalankan.

Nilai minimal untuk turut serta dalam investasi reksadana pun mayoritas terbilang rendah, yaitu mulai dari Rp 100.000.

Ada banyak jenis reksadana yang bisa diikuti, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga pasar cara investasi saham. Sebelum mulai investasi pastikan kamu pelajari cara investasi reksadana agar mengerti alur investasi yang akan kamu jalani.

Dana investasi yang kamu alokasikan nantinya akan ‘dimainkan’ oleh Manajer Investasi, maka pilih tujuan reksadana yang tepat. Jangan lupa untuk baca juga prospektusnya dan pahami seluk-beluk di baliknya.

Investasi Saham

Investasi yang berikutnya adalah Investasi saham.

Beberapa tahun terakhir, sudah banyak sekali anak muda yang mempelajari cara investasi saham dan mulai berinvestasi pada saham, hal ini karena akses terhadap pasar saham kini semakin mudah.

Bahkan, sekarang bisa dilakukan melalui ponsel.

Saat ini juga sudah ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham.

Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Bagaimana Cara Investasi Saham?

Dulu, jika ingin berinvestasi kamu harus menelepon ke bursa efek untuk membeli sebuah saham.

Tapi, di zaman sekarang, kamu bisa melihat bagaimana performa saham di pasar, hingga membeli dan menabung modalnya melalui aplikasi di ponsel.

Maka dari itu, sekarang ini banyak pemula yang sudah melek berinvestasi karena lebih mudah dilakukan.

Berikut cara melakukan investasi saham secara online.

1. Miliki Rekening Saham/Rekening Efek

Pembelian saham hanya bisa dilakukan di perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia.

Maka dari itu, sebelumnya kamu harus meregistrasikan diri untuk memiliki rekening saham ini.

Pembukaan rekening saham, sekarang mudah dilakukan secara online melalui aplikasi atau website.

Bahkan, biasanya ketika kamu mengunduh aplikasi layanan investasi saham, sudah terintergrasi dengan perusahaan sekuritas.

Sebagai pilihan, berikut kami infokan beberapa sekuritas yang menyediakan pendaftaran online.

2. Unduh Aplikasi Layanan Online Investasi Saham

Biasanya perusahaan efek memiliki aplikasi online yang memudahkan investor untuk melakukan transaksi saham.

Adapun aplikasinya sendiri bisa diunduh sendiri di Playstore atau App Store. Namun, pastikan sebelumnya kamu sudah terdafatr di perusahaan sekuritas agar bisa mengaksesnya.

3. Setor Deposit Awal

Setelah akun RDN atau Rekening Efek sudah aktif, dan kamu juga sudah dapat mengakses aplikasi online maka biasanya kamu diharuskan mendeposit sejumlah dana awal.

Adapun minimal dari jumlah dana yang dideposit tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas.

Caranya cukup muda, kamu hanya perlu mentransfer dana ke rekening RDN yang dimiliki, selayaknya transfer antar bank pada umumnya.

4. Melakukan Transaksi Jual-Beli Saham

Setelah melakuan deposit, kamu bisa menggunakan modal tersebut untuk melakukan pembelian saham.

Minimal pembelian saham adalah 1 lot atau sama dengan 100 lembar saham.

Kamu juga dapat melakukan penjualan saham, dengan minimal 1 lot juga.

Perlu diingat kalau setiap transaksi jual-beli saham akan dikenakan fee dengan nominal variatif.

Investasi Emas

Investasi emas bisa dibilang salah satu jenis investasi yang paling mudah untuk dimulai.

Sederhananya, cara investasi saham bisa didefinisikan sebagai kepemilikan fisik atas emas batangan, bisa berupa emas Antam, atau secara value di platform online yang bergerak di bidang investasi emas.

News Feed