Kembali Ke Masa Lalu, Ini Cara Download Game PS2 di Android

Teknologi19 views

PlayStation 2 menjadi salah satu konsol game paling populer pada masanya dan menjadi legenda di masa saat ini. Sekadar bernostalgia, beberapa gamer mencoba memainkannya saat ini. Nah, kini ada cara mudah jika kamu ingin memainkan game yang ada di PS2. Kamu bisa memainkannya dengan cara download game PS2 di Android.

Deretan game seru di PS2 seperti GTA San Andreas, Winning Eleven ternyata bisa kamu mainkan di Android. Kenikmatan serta sensasi memainkan beberapa game tersebut tentunya berbeda dibanding memainkan game seperti saat ini.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi emulator di ponsel Android untuk bisa memainkan game tersebut. Lalu, bagaimana cara download game ps2 di android?

Cara Download Game PS2 di Android

Sebelum mengunduh game PS2 di Android, kamu harus mengunduh emulator PS2 terlebih dahulu. Ada beberapa emulator Android yang bisa kamu gunakan seperti Play!, RetroArch, PPSSPP, dan DamonPS2.

Setelah itu kamu memilih beberapa judul game PlayStation 2 terbaik yang hendak kamu mainkan.

Untuk bisa memainkan beberapa game kesukaanmu, kamu perlu membuat file ISO. Jika kamu masih mempunyai kaset PS 2 yang original, buatlah file ISO dari game tersebut menggunakan aplikasi seperti UltraISO.

Jika kamu tidak punya, kamu bisa mengunduh beberapa game secara gratis melalui situs donwload game PS 2 ISO seperti CoolROM, RomsMania, dan PortalRoms.

Cara mengunduh Game PS2 sebagai berikut:

  • Untuk mengunduh game PS2 berbentuk file ISO di laman coolrom.com.au/roms/ps2/ untuk mencari game PS2 yang ingin dimainkan
  • Kamu bisa tap pada tombol Alternative Download Link (With Ads and Timer) dan nanti akan muncul pop up.
  • Tunggu sebentar hingga tombol download muncul.
  • Selanjutnya simpan file di file manajer Andoridmu. Atur nama foldernya dengan jelas agar mudah ditemukan.
  • Jika file masih berbentuk zip, ekstrak terlebih dahulu file tersebut.

Cara Main Game PS2 di Android

1. Perangkat Pendukung

Hal pertama yang mesti kamu lakukan ketika hendak memainkan game PS2 di Android adalah menyiapkan bahan-bahan yang telah dibahas sebelumnya.

Beberapa bahan seperti emulator, ISO dan file game yang hendak kamu mainkan.

Untuk emulator disarankan memakai Damon PS2, emulator ini tersedia dalam dua versi yakni versi gratis dan premium. Jika ingin bebas menggunakannya tanpa terganggu iklan gunakanlah yang versi premium.

Sedangkan untuk versi non-pro, kamu diharuskan untuk menonton iklan yang berdurasi sekitar 30 detik supaya bisa memainkan, atau melanjutkannya.

Jika emulator tersebut sudah berhasil kamu instal, maka hal selanjutnya yang harus kamu download adalah BIOS. Kamu bisa mencari BIOS PS2 melalui Google dengan kata kunci “SCPH 70012 BIOS”.

Setelah kamu memiliki emulator dan BIOS, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari game PS2 yang ingin kamu mainkan. Tentu saja kamu bisa mencari di Google dan mengunduhnya secara gratis.

2. Mengekstrak File Zip

Kalian bisa ekstrak file 7zip ini dengan bantuan aplikasi 7Zipper yang bisa diunduh lewat PlayStore. Buka aplikasi tersebut kemudian carilah file game PS2 yang sudah kalian unduh atau download tadi untuk diekstrak.

Jangan lupa untuk menjaga agar folder-folder game di file manager tetap teratur dengan nama game yang jelas agar pada saat mau memainkannya nanti tidak bingung.

3. Mainkan Game dengan Emulator

Jika proses ekstraksi telah selesai, nantinya file tersebut akan menjadi file ISO. Setelah itu bukalah emulator DamonPS2, sehingga file ISO tersebut akan terdeteksi secara otomatis.

Terakhir, pilih saja game-nya dan nanti akan muncul stik PS2 secara otomatis beserta analognya.

Mudah kan, cara download game PS2 di Android.