by

Layanan Fisioterapi: Apa Itu Fisioterapi? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Dalam dunia kedokteran, fisioterapi mungkin bukan hal asing lagi di telinga. Namun bagi orang awam, kata yang satu ini belum tentu banyak yang mengetahui. Sebagai informasi, fisioterapi merupakan proses merehabilitasi pada seseorang agar terhindar dari kondisi cacat fisik dengan melakukan serangkaian pencegahan, diagnosis, dan penanganan pada gangguan fisik tubuh akibat cedera atau penyakit. Metode penyembuhan fisioterapi umumnya bisa dilakukan pada semua orang dari berbagai rentang usia berbeda-beda yang mengalami kondisi sakit punggung, persiapan olahraga, hingga untuk persiapan persalinan. Umumnya layanan fisioterapi bisa Anda temukan dengan mudah melalui berbagai rumah sakit – rumah sakit atau juga dengan menggunakan layanan fisioterapi panggilan ke rumah.

Penggunaan fisioterapi sebagai metode penyembuhan bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh setelah mengalami sakit atau cedera. Pada kondisi penyakit atau cedera yang bersifat permanen, melakukan fisioterapi akan sangat berguna untuk mengurangi dampak buruknya. Adapun beberapa kondisi kesehatan yang membutuhkan perawatan fisioterapi, antara lain gangguan sistem saraf, gangguan pada otot kerangka tubuh, penyakit kardiovaskular, gangguan pernapasan, penyakit diabetes, arthritis, osteoporosis, dll.

Pengobatan dengan metode fisioterapi memerlukan keterlibatan pasien secara aktif dan juga kedisiplinan. Fisioterapis akan melakukan pemeriksaan pada penyakit yang diderita pasien, mendiagnosis, dan membantu pasien dalam memahami masalah yang muncul pada tubuhnya. Yang tak kalah penting, fisioterapi memerlukan keseriusan dari pasien. Karena metode pengobatan ini turut berkaitan dengan gaya hidup, aktivitas, serta kesehatan secara umum.

Untuk metode fisioterapi yang biasanya diterapkan pada pasien, antara lain:

  • Program latihan.

Beberapa terapi yang dilakukan dalam program latihan, antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, senam atau olahraga, memperkuat otot, dan peregangan otot.

  • Teknik elektroterapi.

Pada terapi jenis ini menggunakan alat yang memiliki daya listrik. Sehingga tak heran jika terapi ini disebut juga dengan nama terapi listrik. Beberapa jenis terapi listrik, antara lain terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN) dan terapi stimulasi listrik melalui jaringan lemak (PENS). Untuk metode PENS menggunakan perpaduan antara teknik akupuntur dan terapi listrik.

  • Fisioterapi manual.

Yang tergolong dalam fisioterapi jenis ini, antara lain pijat, peregangan, serta manipulasi dan mobilisasi sendi. Fisioterapi manual bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, membantu relaksasi, dan meningkatkan fleksibilitas gerak anggota tubuh yang mengalami gangguan.

  • Terapi okupasi.

Terapi okupasi sering disebut juga dengan occupational therapy. Manfaat dari melakukan terapi okupasi adalah membantu mengatasi keterbatasan yang diderita oleh pasien, seperti pada kondisi fisik, sensorik, pikiran )kognitif), dll agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

  • Metode lainnya.

Selain beberapa metode yang sudah disebutkan sebelumnya, fisioterapi juga diberikan pada pasien untuk membantu beberapa kondisi, seperti mengoreksi teknik berolahraga yang salah, membantu cara penggunaan alat bantu yang tepat, dll. Adapun metode lain yang bisa digunakan, seperti terapi ultrasound, hidroterapi, terapi suhu (panas maupun dingin), akupuntur, dan latihan pernapasan.

Fisioterapi bisa dikatakan merupakan metode pengobatan yang lengkap dan spesifik. Selain itu, fisioterapi juga terbilang sangat fleksibel, karena pasien bisa melakukan fisioterapi dimana saja sesuai dengan kemampuan masing-masing pasien. Apakah mau dilakukan di rumah atau di rumah sakit. Untuk yang lebih memilih melakukan pengobatan fisioterapi di rumah, banyak sekali layanan fisioterapi profesional yang bermunculan saat ini. Salah satu yang cukup direkomendasikan dan sudah terpercaya adalah Aido Health. Bagi yang belum tahu, Aido Health merupakan platform online yang menyediakan layanan dan perawatan kesehatan untuk membuat janji dengan dokter, perawat, fisioterapis, dan rehabilitasi medis yang bisa didatangkan langsung ke rumah-rumah Anda.

News Feed