by

Manfaat Konsumsi Buah Naga untuk Kesehatan dan Diet Aman

Buah naga atau dragon fruit, siapa yang tidak kenal dengan salah satu buah dengan bentuk yang sangat unik ini? Tampilan luar bewarna merah dengan permukaannya yang tidak rata seperti bersisik besar. Buah ini merupakan buah yang dihasilkan dari tumbuhan sejenis kaktus. Rasanya manis dan menyegarkan terlebih untuk varian red dragon fruit. Ada pula variasi dragon fuit dengan warna buah bagian dalamnya berwarna putih.

Pada bagian dalam buah, terdapat biji-biji yang memenuhi seluruh permukaan daging buahnya. Kebanyakan masyarakat akan mengonsumsi buah ini sebagai salad buah, jus, atau dimakan sendiri sebagai cemilan. Siapa sangka, rupanya buah yang unik ini punya banyak manfaat, lho! Manfaat apa saja sih? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

  1. Meningkatkan Imunitas

Salah satu manfaat buah naga yang paling umum diketahui oleh masyarakat adalah untuk menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Seperti yang kita ketahui, sistem kekebalan tubuh atau imunitas berperan penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Kandungan flavonoid juga antioksidan yang terkandung di dalam buah ini mampu menangkal segala zat antigen asing yang berbahaya bagi tubuh. Tak hanya itu, kekebalan tubuh pun akan ditingkatkan sehingga tubuh tidak mudah sakit.

  1. Menu Diet Sehat

Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, atau sebagai terapi obesitas maupun menghindari dari peluang terkena diabetes, buah naga bisa jadi solusi tepat diet Anda. Buah yang satu ini mampu menjaga kadar gula dalam darah agar selalu normal. Seperti yang diketahui, obesitas menjadi pemicu diabetes yang banyak ditemui. Maka dari itu, pengontrolan berat badan agar tidak berlebih harus dilakukan. Kandungan yang ada di dalam buah ini sudah mampu memenuhi kebutuhan konsumsi Anda semasa diet.

  1. Pencegah Kanker

Siapa sangka, ternyata buah naga yang punya bentuk unik kadang terkesan menakutkan bagi beberapa orang punya manfaat luar biasa untuk kanker. Pasalnya, buah ini punya kandungan Lycopene yang bisa menjadi pencegah kanker. Dalam realisasinya, senyawa ini akan menurunkan beberapa risiko dalam tubuh sehingga terhindar dari beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium dan prostat. Bahkan, berbagai radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh bisa langsung terbunuh oleh kandungan senyawa baik di dalamnya.

  1. Kaya Serat untuk Cegah Konstipasi

Mempunyai masalah pencernaan seperti kesulitan buang air besar sangat mengkhawtirkan dan membuat penderitanya jadi tidak nyaman. Konstipasi atau susah air besar harus segera dicegah dan diobati karena bisa memicu masalah serius lainnya pada tubuh. Untuk mengatasi masalah sulit buang air besar, Anda bisa rutin mengonsumsi dragon fruit ini. Kandungan serat yang banyak terkadang dalam buah ini mampu melancarkan proses buang air besar dan Anda dan menyehatkan sistem pencernaan.

  1. Memenuhi Berbagai Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Selain beberapa manfaat tersebut, buah naga juga sangat baik untuk dikonsumsi rutin dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Pasalnya, buah ini sudah kaya sekali akan berbagai nutrisi baik seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, vitamin B, kalsium, fosfor, karbohidrat, serat dan lain sebagainya. Zat-zat ini mampu berkontribusi secara aktif untuk menjaga tubuh dan mencegah tubuh dari kekurangan nutrisi. Bahkan beberapa zatnya mampu meningkatkan fungsi jantung agar lebih sehat dan stabil.

Dengan beragam manfaat yang dihadirkan oleh buah naga ini tentu sangat menguntungkan sekali bukan untuk tubuh? Untuk mendapatkan beragam informasi kesehatan lainnya, Anda bisa mengunjungi Halodoc. Halodoc adalah situs online dan juga aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengakses apapun terkait medis. Baik itu konsultasi kesehatan, informasi penyakit dan gejalanya, informasi obat untuk penyakit tertentu, laboratorium terpercaya, hingga rumah sakit rekomendasi. Dengan Halodoc, Anda bisa mengakses beragam informasi terkait kesehatan Anda secara realtime, pastinya lebih mudah, praktis, fleksibel dan akurat.

News Feed