by

Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jika Anda bertanya-tanya, tomat secara teknis adalah buah, karena mengandung biji dan berkembang dari ovarium tanaman berbunga. (Secara nabati, sayuran terdiri dari bagian-bagian tanaman lain, seperti akar, daun, dan batang.) Tetapi ketika menyangkut nutrisi, tomat dengan mentimun dan zucchini dikategorikan sebagai sayuran. Oleh karena kandungannya terdapat karbohidrat dan gula yang lebih rendah tersebut: Tomat berukuran sedang hanya menyediakan 22 kalori, dan sekitar 5 gram total karbohidrat, dengan 3 sebagai gula dan 1,5 sebagai serat.

Tomat merupakan sumber vitamin

Manfaat Tomat tunggal dapat menyediakan sekitar 40% dari vitamin C minimum yang disarankan setiap hari . Terlebih lagi, tomat memasok vitamin A, yang mendukung imunitas, penglihatan, dan kesehatan kulit; vitamin K, yang baik untuk tulang Anda; dan kalium, nutrisi utama untuk fungsi jantung, kontraksi otot, dan menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan yang sehat.

Mereka melindungi kesehatan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen, yang bertanggung jawab atas warna merahnya. Penelitian menunjukkan bahwa dalam hal manfaat kesehatan jantung, lebih efektif mengonsumsi tomat dan produk tomat daripada mengonsumsi suplemen likopen dengan SehatQ.Com Anda akan memperoleh informasi selengkapnya.

Artikel kesehatan ini menunjukkan bahwa tingkat likopen dalam darah yang lebih tinggi terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendh untuk orang dengan sindrom metabolik, sekelompok faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit jantung , diabetes , dan stroke .

Tingkatkan visi Anda

Likopen juga baik untuk mata Anda. Dan itu bukan satu-satunya nutrisi pelindung pengintip dalam tomat; mereka juga mengandung lutein dan beta-karoten. Menurut penelitian bahwa, nutrisi tersebut mendukung penglihatan supaya semakin jernih dan melindungi terhadap kondisi mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Tingkatkan kesehatan pencernaan

Cairan dan serat dalam tomat bisa membantu jika Anda cenderung mengalami sembelit. (Menurut Badan USDA, bahwa satu tomat besar tersebut mengandung 6 ons cairan, dan 1,5 gram serat yang baik.) Ketahuilah bahwa pada beberapa orang, keasaman dari tomat yang dimasak dapat memicu atau memperburuk refluks asam dan gangguan pencernaan.

Apa Saja Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh Anda?

Membantu manajemen diabetes

Tomat juga bisa menjadi pelindung untuk penderita diabetes: bahwa orang terjangkit diabetes kemudian mengkonsumsi tomat yang dimasak dan selama 30 hari mengalami penurunan yang signifikan peroksidasi lipid, reaksi berantai di mana zat yang disebut radikal bebas menyerang lemak, yang menyebabkan kerusakan yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini sangat penting, karena diabetes melipatgandakan risiko stroke dan serangan jantung.

Jaga kesehatan kulit

Sebuah studi tahun lalu menemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari, dan mendorong produksi pro-kolagen, sebManfaat ah molekul yang memberi struktur pada kulit dan membuatnya tetap kencang dan awet muda. Para ilmuwan percaya bahwa likopen pada tomat adalah kuncinya. Ini pada konsentrasi tertinggi ketika tomat telah dimasak, dan minyak zaitun meningkatkan penyerapannya dari sistem pencernaan Anda ke dalam aliran darah Anda.

Tambahkan tomat segar ke dalam omelet dan salad, dan sajikan dengan irisan, gerimis dengan balsamic dan hiasi dengan basil segar, garam laut, dan lada hitam. Hiasi sayuran segar atau sayuran kukus dengan pesto tomat sundried, atau gerimis di atas ikan panggang.

Lemparkan spaghetti squash atau kacang dengan saus tomat, atau gunakan sebagai topping untuk tumis kacang hijau atau kentang. Tambahkan salsa ke telur orak-arik atau salad taco, atau sendok ke ikan yang dimasak, kacang hitam, atau nasi merah. Gunakan pasta tomat dalam cabai sayuran, atau campur menjadi hummus, bersama dengan bawang putih panggang dan harissa. Selamat makan. Demikianlah Artikel tentang Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh Anda semoga bermanfaat.

News Feed