by

ORI, Mengapa Menarik Dijadikan Instrumen Investasi di Indonesia?

Sekarang ini kegiatan investasi memang menjadi cara untuk membuat pondasi keuangan menjadi lebih stabil dan kokoh. Nilai uang dalam bentuk tabungan akan tergerus inflasi dari tahun ke tahun. Tentu Anda paham seperti apa inflasi ini mempengaruhi nilai uang, termasuk jenis tabungan. Investasi memiliki peran sebagai solusi mengatasi masalah tergerusnya inflasi yang terus terjadi.

Tetapi, bukan berarti seluruh instrumen investasi bisa digunakan untuk mengatasi inflasi. Memilih investasi yang tepat akan memberi dampak positif untuk keuangan Anda. hal tersebut bahkan mempengaruhi keberhasilan mengelola keuangan keseluruhan, karena semakin besar investasi yang diperoleh, akan semakin besar pula kemungkinan Anda dapat mengatasi besarnya inflasi.

Salah satu investasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. Lantas, seperti apa sebenarnya investasi yang dikenal menguntungkan ini?

ORI, Lebih Untung dari Deposito, Dapat Mengatasi Inflasi

ORI sekarang ini mungkin menjadi sebuah instrumen investasi yang tidak tenar di kalangan masyarakat dibandingkan dengan deposito, padahal nyatanya investasi ini mampu memberikan return yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan jenis yang lain. ORI memberikan bunga yang memiliki nilai di atas besarnya inflasi, bahkan bunga deposito sekarang.

ORI merupakan obligasi yang diterbitkan oleh negara sebagai pihak yang berhutang agar memperoleh dana pinjaman yang berasal dari masyarakat. Sejumlah dana ini nantinya akan digunakan oleh pemerintah untuk modal pembangunan berkaitan dengan masyarakat. ORI mempunyai tingkat keamanan yang tinggi karena investasi ini diselenggarakan secara langsung oleh pemerintah.

Bagaimana Cara Membeli ORI?

Untuk memperoleh ORI masyarakat dapat mendatangi agen penjual yang sudah ditunjuk oleh pemerintah entah lembaga sekuritas atau pun lembaga keuangan. Nantinya pada lembaga tersebut, masyarakat yang ingin melakukan pembelian ORI akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan, sedangkan proses jual beli investor dengan investor lain dapat dilakukan di secondary market.

Bila melihat proses jual beli yang terjadi dalam investasi ORI ini, sudah tentu terlihat jelas seperti apa perbedaan investasi ini dengan jenis lain. Bagi Anda yang ingin melakukan investasi ORI atau sedang mencari manajer investasi terbaik, salah satu pilihan yang dapat diambil adalah Tanamduit.

News Feed