by

Tips Menentukan Gaji Karyawan dengan Tepat

-Gaji-2 views

Selain dari jenjang karier, lingkungan kerja dan deskripsi pekerjan, gaji adalah salah satu faktor lain yang dapat mempengaruhi sesorang untuk berpindah kerja. Sebaliknya, gaji yang dirasa kurang juga merupakan salah satu alasan yang paling sering digunakan seseorang saat mengundurkan diri dari pekerjaannya. Untuk itu, menentukan gaji karyawan diperlukan pertimbangan yang rasional.

Menentukan gaji karyawan dapat saja menimbulkan pro dan kontra di antara karyawan lainnya. Jika penentuan gaji karyawan di kantor Anda belum memiliki standar yang sesuai, sebaiknya Anda segera menentukan standarnya sebelum ada kesenjangan antar gaji karyawan. Untuk menentukan gaji karyawan, Anda dapat menggunakan beberapa hal ini untuk membantu Anda menentukan gaji karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja.

Tips Menentukan Gaji Karyawan dengan Tepat

1. Melakukan riset mengenai gaji

Untuk menghindari gaji karyawan yang tidak sesuai dengan gaji karyawan di perusahaan lain, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai gaji sesuai dengan posisi tersebut. Tujuan melakukan riset gaji karyawan adalah menghindari kesenjangan gaji. Selain untuk mengetahui gaji karyawan yang layak untuk posisi tersebut, melakukan riset mengenai gaji juga perlu dilakukan untuk menghindari kesenjangan gaji yang Anda berikan dengan perusahaan lain. Walaupun pastinya akan ada perbedaan, pastikan perbedaan gaji tersebut tidak terlalu signifikan. Sehingga kemungkinan karyawan Anda pindah ke perusahaan kompetitor karena gaji lebih besar sangat kecil.

2. Menentukan gaji karyawan berdasarkan nilai posisi mereka

Dalam satu kantor, pasti memerlukan banyak orang dengan berbagai keahlian yang dapat mendukung pekerjaan dari suatu posisi. Setiap posisi dari seseorang pastinya memiliki tugas tanggung jawab yang berbeda. Untuk itu, Anda harus memahami nilai dari posisi karyawan sebelum menentukan gaji karyawan. Anda dapat memulainya dengan menjabarkan atau membuat outline dari deskripsi pekerjaan mereka secara detail. Cantumkan pula jam kerja, nama posisi, tanggung jawab, intensif hingga tunjangan yang diberikan kantor agar memudahkan Anda menentukan gaji pokok setiap karyawan. Maka dari itu karyawan berhak menerima gaji karyawan plus bonus dan tunjangan.

3. Menetapkan batas dasar dan batas atas

Menetapkan batasan ini juga dapat membantu Anda menghindari kesenjangan gaji karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan menetapkan batasan dasar dan batasan atas gaji karyawan, Anda juga dapat menentukan kemampuan perusahaan Anda dalam memberikan gaji kepada karyawan. Hal ini juga membantu Anda dalam melakukan rekrut karyawan baru, jika gaji yang diharapkan calon karyawan terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan batasan yang Anda tetapkan, jangan takut untuk menunda proses perekrutan tersebut.

4. Menentukan metode pembayaran

Anda harus menentukan metode pembayaran gaji karyawan Anda untuk memperoleh angka pasti saat negosiasi. Maka itu menjabarkan detail posisi karyawan Anda sebelum mulai bekerja sangat penting. Dengan hal itu Anda dapat menentukan metode pembayaran apakah yang tepat, misalkan per jam kerja, per hari kerja, atau per bulan. Dengan menentukan metode pembayaran, Anda juga dapat menyesuaikan anggaran gaji karyawan yang diberikan dari perusahaan. Untuk itu sistem pembayaran gaji di kantor tempat Anda bekerja akan jadi lebih efektif

5. Terbuka untuk negosiasi

Tentunya ada sebagian orang yang merasa pendapatan mereka tidak sebanding dengan apa yang mereka kerjakan. Untuk itu membuka kesempatan mereka untuk melakukan negosiasi gaji bukanlah hal yang buruk. Selain dapat menumbuhkan semangat dalam bekerja, dengan terbukanya kesempatan negosiasi gaji karyawan Anda dapat menilai performa karyawan selama bekerja. Anda dapat memberikan kenaikan gaji kepada karyawan yang berhasil melakukan penjualan tertinggi dalam satu tahun, atau memberikan kenaikan gaji dengan menambah pekerjaan baru jika karyawan Anda cukup berkompeten.