Tips Merawat Kesehatan Kulit Wajah Agar Cantik Terlengkap yang Perlu Dilakukan!

Kecantikan1 views

Aktivitas luar sedikit dibatasi seiring adanya kebiasaan baru atau yang dikenal dengan istilah New Normal. Meski begitu, jangan sampai hal ini membuat Anda lengah akan kesehatan tubuh. Menerapkan pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan imunitas yang baik dan terhindar dari COVID-19. Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan.

Beberapa masalah kulit yang dapat timbul selama New Normal antara lain seperti kulit kering, yang kemudian dapat memicu tanda penuaan, kulit berjerawat, hingga kulit kusam.

Tentu Anda tidak ingin masalah-masalah tersebut terjadi pada kulit Anda, bukan? Jika Anda tidak ingin muncul permasalahan kulit tersebut, maka penting untuk melakukan perawatan secara rutin dan secara tepat meski Anda hanya di rumah saja.

Untuk itu, simak berbagai tips kesehatan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah, tubuh, hingga rambut berikut ini dari Beauty Room:

3 Tips Memilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat


Ketika mulai melakukan perawatan kulit, tentu akan berkaitan dengan produk yang akan dipakai. Apalagi setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti kulit kering, kulit berminyak hingga kulit sensitif. Setiap jenis kulit ini membutuhkan perawatan yang berbeda.

Sangat penting memilih produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan karakteristik kulit Anda. Berikut ini 3 hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk perawatan wajah.

1. Kenali tipe kulit

Tips perawatan kulit yang paling dasar adalah mengenali jenis kulit Anda. Salah memilih produk perawatan kulit bisa berujung pada timbulnya efek samping pada wajah. Umumnya kulit wajah normal lebih bisa menerima berbagai macam produk perawatan kulit, sedangkan jenis kulit lainnya lebih sensitif terhadap kandungan tertentu.

Sebagai contoh, minyak esensial tidak cocok untuk kulit berjerawat karena akan menyebabkan inflamasi dan pori-pori tersumbat yang akan membuat jerawat meradang.

2. Cek komposisi produk

Setelah mengenali jenis kulit Anda. Tahap selanjutnya adalah cek komposisi produk skin care yang akan digunakan. Untuk kulit berminyak, carilah skin care dengan kandungan alpha hydroxy acids (glycolic acid atau salicylic acid), benzoyl peroxide, dan hyaluronic acid yang dapat mengontrol produksi sebum penyebab minyak berlebih.

Pemilik kulit kering disarankan menggunakan shea butter dan lactic acid untuk membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan sehingga wajah akan tampak berseri. Terakhir, kulit sensitif cocok dengan produk berkomposisi aloe vera, oatmeal, dan shea butter karena bisa melembapkan kulit dan umumnya tidak menyebabkan iritasi.

3. Perhatikan reaksi terhadap kulit

Setelah membeli produk skin care, perhatikan reaksinya di kulit Anda. Jangan teruskan jika terjadi peradangan atau efek samping lainnya. Umumnya reaksi produk muncul beberapa saat setelah penggunaan.

Tips Perawatan Wajah Berminyak dan Berjerawat

Memiliki kulit yang rentan berjerawat perlu ekstra hati-hati dan kesabaran saat merawatnya. Salah memilih produk skincare bisa menyebabkan jerawat semakin parah dan meradang. Selain itu, carilah penyebab yang dapat menimbulkan jerawat di wajah sebelum mengaplikasikan suatu produk.

Apakah jerawat yang muncul itu disebabkan karena jarang membersihkan muka atau membersihkan wajah secara berlebihan, polusi, dan makeup yang dipakai sehari-hari. Selain faktor eksternal tersebut, Anda juga perlu memerhatikan riwayat keluarga dan perubahan hormon, karena jerawat bisa juga timbul akibat faktor-faktor internal yang ada.


Untuk penjelasan lengkap mengenai perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat, simak tips perawatan berikut untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat.

1. Bersihkan wajah setiap hari


Umumnya kulit yang berjerawat cenderung memiliki karakterikstik kulit berminyak. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak berlebihan saat mencuci wajah. Dalam sehari cuci wajah Anda dua kali menggunakan pembersih wajah berbahan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang mengandung salisilat karena bahan ini dapat mengatasi jerawat, komedo, hingga kulit berminyak.

2. Hindari kandungan skincare tertentu


Beberapa komposisi produk skincare pada kulit berminyak dan berjerawat dapat menimbulkan masalah atau ketidakcocokan. Kandungan-kandungan yang sebaiknya dihindari pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat di antaranya, yaitu parfum karena bisa membuat kulit semakin meradang dan iritasi, alkohol karena dapat menjadikan kulit lebih kering dan iritasi, serta minyak kelapa dan cocoa butter yang dapat menyumbat pori-pori di wajah, sehingga memicu munculnya jerawat.

3. Gunakan pelembap dan obat jerawat

Ada yang menganggap bahwa kulit berminyak dan berjerawat tidak dianjurkan menggunakan pelembap. Faktanya, Anda tetap perlu pelembap untuk menjaga dan merawat kulit wajah Anda. Pilihlah produk dengan tekstur gel dan berbahan dasar air supaya tidak terlalu berat di kulit Anda.

Selanjutnya, aplikasikan obat jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat setelah menggunakan pelembap. Selain obat jerawat, Anda juga bisa menutup jerawat yang meradang dengan acne patch untuk meminimalisir jerawat bertambah parah.