by

Tips Metode Belajar dan Trik Saat Mengerjakan Soal SBMPTN

Mungkin kamu pernah mendengarkan berita yang mengejutkan kalau teman kamu yang pintar bisa tidak lolos SBMPTN. Kok bisa? Apa dia kurang belajar? Atau soal SBMPTN nya susah banget? Nah, kamu harus menerapkan pola belajar yang efektif agar benar-benar bisa menguasai materi yang akan diujikan nanti. Gimana caranya? Cuss kita simak tipsnya :

  1. Latihan Soal SBMPTN

Cara yang satu ini sangat efektif untuk menguji seberapa tinggi kemampuan Kamu untuk mengerjakan soal SBMPTN. Jangan kamu ngerjain soal SBMPTN sekali dua kali trus udahan. No!! Dengan rajin berlatih soal SBMPTN dari tahun ke tahun, kamu semakin siap dalam menghadapi soal yang sesungguhnya. Terlebih lagi, kamu juga mulai terbiasa dengan jenis soal sehingga lebih cepat dalam mengerjakan tes tersebut.

  1. Tryout Online Gratis

Tryout online gratis ? Emang ada? Ada dong, kamu bisa temukan di aplikasi Ruanguru. Melalui fitur RuangUji, kamu bisa belajar soal SBMPTN yang membuat kamu lebih percaya diri lagi nantinya.

  1. Refreshing

Meskipun mempunyai jadwal yang padat, jangan lupa meluangkan sedikit waktu untuk refreshing. Sesekali otak Kamu membutuhkan penyegaran agar tidak merasa penat dengan semua materi yang Kamu pelajari. Kamu bisa membuat selingan dengan membaca buku cerita atau sekedar melakukan hobi. Dengan porsi yang cukup, hal tersebut bisa mengoptimalkan kinerja otak untuk mencerna materi yang kamu pelajari.

  1. Jaga Kesehatan

Penting banget nih, sebelum SBMPTN tiba harus di pastikan kondisi fisik dan mental kamu prima. Kalau kamu udah stress dan sakit duluan, itu akan menghancurkan semuanya. Jadi jaga pola makannya, tidur yang cukup walaupun belajar mati-matian, jangan lupa perbanyak minum air putih ya.

Selain tips di atas, ada juga nih trik saat mengerjakan soal SBMPTN:

  • Perhatikan instruksi pengawas dengan seksama ya. Biasanya tidak boleh membuat gaduh dan diminta cek lembar jawaban yang disediakan.
  • Kerjakan soal dengan serius tapi santai. Baca soal perlahan-lahan dan tetap fokus.
  • Tidak usah memperhatikan atau melihat peserta lainnya dan pengawas. Anggap saja kamu berada di ruang kosong yang sepi dan santai, agar konsentrasi kamu tidak terpecah belah dan tidak panikan.
  • Kerjakan dulu soal-soal yang mudah. Untuk soal-soal yang ragu-ragu menjawabnya, beri tanda dulu. Setelah itu, kerjakan soal-soal yang rumit, tapi ingat jangan dipaksakan menjawab karena berpotensi mengurangi nilai.
  • Setelah semua beres, cek kembali dari nama peserta, nomor peserta paakah sudah sesuai belum. Jika masih ada waktu cek kembali jawabannya sebelum kamu kumpulkan.
  • Setelah ujian selesai, refreshinglah sejenak. Ingat jangan mengingat-ingat kembali soal yang sudah kamu kerjakan. Serahkan semuanya dan yakini kalau jawaban kamu sudah tepat.

Semoga tips dan trik dalam menghadapi maupun saat mengerjakan soal SBMPTN bisa mengingatkan kamu lagi untuk tidak meninggalkan point-point di atas ya. Goodluck!

News Feed