by

Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Apakah Bisa?

Asam naik di daerah lambung akan menunjukkan berbagai gejala yang membuat rasa tidak nyaman. Dimana beberapa gejala yang bisa dirasakan dapat mengalami sakit perut, heartburn yaitu rasa terbakar pada ulu hati, keringat dingin, dan juga berbagai hal lainnya. Biasanya gejala tersebut juga akan mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan, sehingga tentunya sangat mengganggu. Untuk mencegah dan menghindari hal tersebut, Anda bisa disarankan untuk mengkonsumsi obat yang membantu untuk meredakan kadar asam dalam lambung. Dimana cara menggunakan obat merupakan hal yang ampuh dan juga paling umum dipilih karena mempunyai hasil yang cepat.

Menggunakan obat untuk menurunkan kadar asam di lambung memang merupakan hal yang sah-sah saja yang bisa dilakukan. Terutama bagi Anda yang tidak mempunyai masalah akan penggunaan obat dan tidak bisa dengan aman mengkonsumsi obat untuk menurunkan asam di lambung. Akan tetapi bagi Anda yang tidak bisa untuk menggunakan obat dan perlu untuk saran lebih lanjut dari dokter bisa untuk mencoba tips lainnya untuk mencegah dan menurunkan asam di dalam lambung tanpa obat. Ada berbagai cara efektif yang dapat dilakukan dengan mengatur pola atau gaya hidup menjadi lebih sehat. Sehingga hal tersebut akan dapat membuat kadar asam di dalam lambung menurun secara alami. Adapun untuk beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Hindari makan berlebihan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur pola makan agar dapat lebih sehat dan bisa menghindari kenaikan asam lambungHal ini sangat mudah yaitu dengan menghindari makan dengan porsi yang berlebihan. Akan lebih baik untuk memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi, yaitu sering tetapi dalam porsi yang kecil. Hindari untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi besar karena akan membuat tekanan pada otot dan membuat fungsi katup terganggu. Sehingga hal tersebut akan kondisi katup yang tidak tertutup dan bisa membuat makanan atau asam di lambung menjadi naik dan kembali ke kerongkongan.

  • Mengurangi berat badan

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan tanpa obat untuk mencegah terjadinya kenaikan asam sehingga tidak membuat asam naik dan kembali ke kerongkongan adalah dengan mengurangi berat badan. Salah satu penyebab mengalami kondisi tersebut adalah karena masalah obesitas sehingga membuat tekanan di bagian perut. Pada orang yang menderita obesitas akan membuat otot diafragma mendapatkan tekanan sehingga membuat kondisi hiatur hernia. Oleh karena itulah untuk menghindari kondisi tersebut maka bisa untuk mengurangi berat badan agar dapat menurunkan kadar asam di lambung tanpa menggunakan obat.

  • Membatasi konsumsi kopi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi bahan yang dapat membuat kenaikan asam di lambung. Salah satunya adalah dengan membatasi kafein yang ada di dalam kopi. Bagi Anda yang penggemar kopi sebaiknya hindari atau batasi untuk minum bahan ini apabila mempunyai kondisi kesehatan yang satu ini. Dimana bahan ini dapat meningkatkan resiko naiknya asam di lambung.

  • Mengunyah permen karet

Tips terakhir yang dapat dilakukan untuk menurunkan kenaikan asam lambung tanpa obat adalah dengan mengunyah permen karet. Bagi Anda yang mempunyai rasa mulut yang pahit dan juga tidak enak karena muncul gejala kenaikan asam di lambung, maka bisa untuk menggunakan permen karet. Dimana manfaat dari mengunyah permen karet adalah dapat untuk mengurangi tingkat asam di kerongkongan. Anda bisa memilih permen karet dengan kandungan bicarbonate sehingga akan membantu untuk mengencerkan asam di kerongkongan.

Refensi: website resmi Promag

News Feed